Aplikasi manajemen waktu mampu mempermudah dalam menentukan prioritas dalam mengerjakan berbagai aktifitas. Menggunakan aplikasi ini, mengelola waktu menjadi lebih baik serta dapat memusatkan perhatian pada hal yang lebih penting. dikutip dari spaceman
Rekomendasi Aplikasi Manajemen Waktu Gratis di Playstore
Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengatur waktu, terutama saat memiliki pekerjaan yang menumpuk, berikut adalah lima rekomendasi aplikasi yang dapat membantu Anda mengelola waktu dengan lebih efektif. Aplikasi-aplikasi ini dirancang untuk membantu Anda mengatur prioritas dan memulai tugas dengan lebih terorganisir.
1. Todoist
Todoist membantu Anda dengan mudah menetapkan prioritas, serta menentukan hal-hal penting yang harus dipenuhi. Selain itu, Todoist juga menawarkan fitur pengingat untuk memastikan Anda tidak melewatkan tugas yang sudah direncanakan.
2. RescueTime
RescueTime dapat melacak aktifitas Anda di komputer dan perangkat mobile. Aplikasi ini memberikan laporan harian dan mingguan tentang bagaimana Anda menghabiskan waktu. Dengan data ini, Anda bisa mengidentifikasi dan mengurangi kegiatan yang tidak produktif.
3. TickTick
Tampilan titik cukup sederhana dan juga sangat mudah digunakan. Jadwal yang Anda masukkan dapat disusun sesuai prioritas. Sehingga pengguna dapat memilah sesuai kategori yang sudah disusun sebelumnya.
4. Forest
Aplikasi ini dirancang untuk membantu Anda mengatasi kecanduan smartphone dengan cara yang inovatif. Terdapat fitur menanam pohon yang akan terus tumbuh selama Anda tetap fokus dan tidak meninggalkan aplikasi tersebut. Anda bisa mengatur durasi pertumbuhan pohon, sehingga memotivasi Anda untuk tetap produktif dan mengurangi penggunaan gadget.
5. Notion
Aplikasi Notion sangat cocok digunakan untuk pekerja atau mahasiswa karena di dalamnya terdapat kalender dan catatan. Anda bisa mengelompokkan bermacam-macam projek yang sedang atau akan dikerjakan.
Produktifitas Dapat Dipengaruhi Oleh Banyak Faktor
Produktivitas bisa dipengaruhi oleh faktor dalam diri maupun luar diri. Sebagian besar faktor berasal dari dalam diri, diantaranya sebagai berikut.
- Kemampuan, keterampilan, serta pengetahuan tiap individu.
- Kondisi Kesehatan.
- Tujuan dalam hidup.
Melatih Hidup Lebih Produktif
Aplikasi manajemen waktu bisa menjadikan waktu lebih berkualitas. Anda dapat melatih berbagai faktor produktifitas yang telah disebutkan sebelumnya. Ketika Anda mampu mengatur waktu dengan baik, tidak ada lagi waktu yang terbuang percuma.